Rabu, 14 April 2010

berita Internasional : politik




Konferensi Keamanan Nuklir
Presiden Prancis Usulan Pengadilan Nuklir
Rabu, 14 April 2010 - 11:15 wib
text TEXT SIZE :
Share
Fajar Nugraha - Okezone
Presiden Sarkozy di Konferensi Keamanan Nuklir (Foto: Reuters)

WASHINGTON - Presiden Prancis Nicolas Sarkozy mengusulkan untuk mengadili tiap negara yang memberial bahan-bahan nuklir kepada kelompok teroris. Sarkozy mengusulkan negara tersebut untuk diadili di pengadilan internasional.

Menurut Presiden Sarkozy, pengadilan untuk pemasok nuklir kepada kelompok teroris tersebut dapat dilakukan di pengadilan nuklir yang khusus dibentuk atau memperluas kewenangan dari Pengadilan Internasional di Den Haag. Demikian diberitakan Associated Press, Rabu (14/4/2010).

Usul dari suami dari mantan model Prancis Carla Bruni ini, sepertinya ditanggapi serius oleh Presiden Amerika Serikat Barack Obama. Sarkozy menyatakan, jika idenya ini dianggap amat berguna oleh Obama. Obama pun menyarankan untuk segera membuat perencanaan dari usulan tersebut bersama dengan Sekjen PBB.

Presiden Sarkozy sendiri berkesempatan berbicara di depan forum Konferensi Keamanan Nuklir di Washington, AS. Konferensi tersebut mendukung upaya Presiden Obama untuk mengamankan kepemilikan nuklir di dunia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar